Menu

Sabtu, 31 Juli 2021 /

Buah pepaya california hasil budidaya petani Parepare

sariagri.id - Kamis, 14 Mei 2020 | 17:14 WIB

Editor: Arya Pandora

SariAgri -  Peminat pepaya di sejumlah kota Sulawesi Selatan selama bulan ramadan meningkat terlebih ditengah situasi pendemi covid 19 ini. Seperti yang diketahui, bahwa pepaya salah satu buah yang dianjurkan banyak mengkonsumsi buah yang mengandung vitamin C.

Parepare merupakan salah satu sentra buah pepaya di Sulawesi Selatan. Dari wilayah ini buah pepaya dikirimkan ke beberapa kota di Sulawesi Selatan.

Diantara petani yang membudidayakan buah pepaya di wilayah Parepare adalah Sudarmin Husai. Sudarmin, petani di wilayah Lapadde yang berjarak 7 kilometer dari kota parepare ini, mengembangkan virietas pepaya california di awal tahun ini. menurutnya hasilnya sangat menjanjikan dan permintaan pasar sangat tinggi di banding parietas pepaya lainnya.

"Alhamdulillah tahap pertama dulu lumayan hasilnya dan peminat California yg kami produksi diminati karena kami pake system semi organik untuk menuju full organik".ungkapnya

kini Sudarmin mencoba merambah ke Industri lebih besar dan siap memenuhi permintaan denganskala lebih banyak, "Peminat pepaya lumayan, tapi khusus California yg tinggi, masih Pedagang yang ambil, kalau ada jalur ke Pabrik kami siap skala besar",tegasnya.

Jenis Pepaya California, daging buah yang lebih terasa manis. Lantaran rasanya yang manis dan praktis untuk disantap membuat jenis pepaya ini laris manis di pasaran.

Ditingkap pengepul, pepaya California biasa dibanderol dengan harga 5000 hingga 7000 rupiah per buah.

Baca Juga: Langkah-langkah Budidaya Pepaya Merah Delima, Begini Caranya
Sepuluh Manfaat Pepaya Bagi Kesehatan

"Disini cuma perbiji biasa klo bulan puasa 5000-7000-an diambilkan Pedagang, klo eceran 15.000-20.000-an per biji".pungkasnya

Meski besarnya permintaan pasar, bukan berarti petani bisa meningkatkan kepadatan tanaman per hektar lahan untuk mengejar hasil panen tiap minggunya.

budidaya pepaya mini ini dinilai petani perlu waktu yang cukup lama. Setidaknya diperlukan waktu 8 sampai 9bulan sejak bibit ditanam di kebun yang sebelumnya telah disemai selama 2 bulan. Dengan demikian selama 10-11 bulan (tahun pertama), kebun belum menghasilkan. Namun sejak panen pertama, petani bisa panen 1 hingga 2 buah pepaya tiap 1 sampai 2 minggu sekali sepanjang tahun hingga berumur 3 tahun.

"Tergantung perawatan, klo lahan luas kadang cuma gagal di persemaian akibat dimakan kambing, Belum bisa kami prediksi saat ini, saya akan kembangkan lebih banyak sekitar seribuan pohon bahkan lebih,tutupnya. (Usman Muin/SariAgri Sulawesi Selatan)

SHARE