Menu

Sabtu, 31 Juli 2021 /

Ilustrasi buah kurma. (Freepik)

sariagri.id - Rabu, 17 Maret 2021 | 08:00 WIB

Penulis: Arly, Editor: Dera

SariAgri - Jelang Bulan Suci Ramadan, buah kurma banyak ditemui di Pasar hingga Swalayan di berbagai negara. Terlebih di Indonesia, di mana mayoritas warganya bergama islam dan selalu mengonsumsi kurma ketika berbuka puasa. 

Lalu, negara mana sajakah sebenarnya yang menjadi penghasil kurma terbesar di dunia? Melansir Theculturetrip, data dari Food and Agriculture Organization (FAO) Persatuan Bangsa Bangsa (PBB), berikut 9 negara Timur Tengah penghasil kurma terbesar pada 2018, antara lain:

1. Mesir

Umumnya kurma asal Mesir adalah jenis kurma Hayang dan Zaghloul. Mesir tercatat memproduksi sekitar 1,5 juta ton kurma.

2. Arab Saudi

Kurma asal Arab Saudi paling umum adalah jenis kurma Ajwah, Al Khunaizi, Khalasah, Medjool, dan Rotab. Arab Saudi tercatat memproduksi sekitar 1,3 juta ton kurma.

3. Iran

Kurma asal Iran biasanya jenis kurma Mazafati. Iran memproduksi sekitar 1,2 juta ton kurma. 

4. Algeria

Kurma asal negara Algeria umumnya adalah jenis kurma Thoory, Deglet Noor, dan Iteema. Algeria berhasil memproduksi sekitar 1 juta ton kurma.

Baca Juga: Biar Lebih Awet, Begini Cara Pengolahan Susu Segar Agar Tak Cepat Basi
Kurma Ruthob, Buah Istimewa dari Allah yang Berkhasiat Dahsyat untuk Wanita

5. Irak

Negara yang saat ini dipimpin Erdogan, pada tahun 2018 tercatat berhasil memproduksi sekitar 615.000 ton kurma. Kurma paling umum di Irak adalah Amir Hajj, Dayri dan Khastawi.

6. Sudan

Negara Sudan berhasil memproduksi sekitar 440.000 ton kurma. Kurma paling umum di Sudan adalah kurma jenis Bireir, Abid Rahman dan Barkawi.

7. Oman

Negara Oman berhasil memproduksi sekitar 370.000 ton kurma. Kurma paling umum dari negara Oman adalah kurma jenis Fard.

8. Uni Emirat Arab

Berhasil memproduksi sekitar 350.000 ton kurma. Kurma paling umum di Uni Emirat Arab adalah kurma jenis Dabbas, Khenaizi dan Lulu.

9. Tunisia

Negara Tunisia berhasil memproduksi sekitar 241.000 ton kurma. Kurma paling umum di Tunisia adalah kurma jenis Deglet Noor, Ftimi, Touzerzayet dan Kenta.

SHARE