Menu

Selasa, 19 Oktober 2021 /

Ilustrasi Air Nabeez atau air rendaman kurma. (Freepik)

sariagri.id - Kamis, 15 April 2021 | 12:00 WIB

Penulis: Tanti Malasari, Editor: Dera

SariAgri - Kurma adalah buah yang berasal dari Timur Tengah yang banyak diburu ketika bulan Ramadan tiba. Seperti diketahui, Nabi Muhammad SAW sangat suka berbuka puasa dengan kurma. Mengonsumsi kurma selain sunnah juga memang dikenal bermanfaat untuk kesehatan.

Selain dikonsumsi secara langsung, ternyata kurma juga bisa dibuat menjadi infused water atau disebut juga dengan air nabeez.

Air nabeez adalah air rendaman kurma yang dimasukkan ke dalam wadah tertutup yang sudah berisi air masak dan direndam semalaman untuk diminum keesokan paginya.

Adapun sederet manfaat air nabeez bagi kesehatan tubuh yaitu:

1. Menjadi sumber energi

Kurma memiliki kandungan gula alami seperti glukosa, fruktosa, dan sukrosa. Oleh sebab itu, mengonsumsi kurma sangat baik jika tubuh memerlukan tambahan energi dengan cepat. Minum air nabeez setelah makan sahur dapat menjadi sumber energi untuk tahan berpuasa selama 12 jam.

2. Detoksifikasi tubuh

Air rendaman kurma termasuk dalam minuman beralkali yang sangat ampuh untuk membantu menyeimbangkan kandungan asam dalam tubuh. Hal ini dapat membantu tubuh mengeluarkan racun-racun yang masuk penyebab penyakit. Selain itu, air rendaman kurma juga sangat bermanfaat untuk memperlancar sistem pencernaan tubuh.

3. Mencegah penyakit kanker

Dikutip dari Healthline, kurma memiliki kandungan antioksidan yang tinggi. Salah satu antioksidan yang terkandung dalam buah kurma adalah flavonoid yang berfungsi sebagai penangkal radikal bebas yang menjadi penyebab utama kerusakan sel yang mengarah pada risiko kanker. Antioksidan dalam buah kurma juga dapat mengurangi risiko terkena alzeimer.

Baca Juga: Australia Bangun Observatorium Bawah Laut Terbesar di Dunia
Anti Ribet, Pot Ajaib Ini Bisa Siram Tanaman Sendiri Selama Seminggu

4. Menstabilkan tekanan darah

Kandungan kalium dalam air nabeez bekerja membantu menstabilkan tekanan darah dalam tubuh sehingga mampu menjaga kinerja jantung tetap baik. Kandungan kalium juga dibutuhkan tubuh agar tetap segar dan tidak mudah lelah.

5. Mengatasi alergi

Kurma adalah buah mengandung komposisi nutrisi yang lengkap, salah satu zat yang paling istimewa adalah sulfur. Sulfur organik dapat mengurangi alergi kronik seperti rhinitis. Rhinitis adalah alergi yang ditandai dengan gejala mirip flu seperti bersin-bersin hebat, mata merah, hidung berair dan tersumbat, sakit kepala dan lainnya.

6. Mencegah penyakit jantung

Sebuah studi dalam Journal of Agriculturan and Food Chemistry menyimpulkan bahwa manfaat infused water kurma efektif menurunkan kadar trigliserida dan menurunkan stres oksidatif. Kedua hal ini merupakan faktor risiko penyakit jantung dan aterogenesis yang merupakan penumpukan plak lemak di arteri.

7. Mengatasi anemia

Kekurangan zat besi dapat menyebabkan anemia, suatu kondisi yang ditandai dengan kelelahan, pusing, kuku rapuh dan sesak napas. Kurma adalah sumber nutrisi yang baik, termasuk zat besi, oleh karena itu dengan mengonsumsi kurma bisa membantu meredakan gejala anemia.

8. Mengatasi diabetes

Kandungan serat dan gula alami dari air rendaman kurma ampuh kontrol kadar gula darah penderita diabetes. Penelitian yang diterbitkan oleh Nutrition Journal tahun 2011 menunjukkan bahwa kurma memiliki indeks glikemik rendah.

Resep Membuat Air Nabeez

Bahan yang dibutuhkan hanya buah kurma dan segelas air matang. Disarankan kurma yang berjumlah ganjil sesuai dengan sunnah nabi.

Cara membuat :

1. Tuangkan air matang ke dalam wadah

2. Masukkan kurma yang sudah dibuang bijinya

3. Tutup wadah dan diamkan selama 8-12 jam

4. Simpan di suhu ruangan atau di dalam kulkas

5. Air nabeez siap dinikmati saat sahur ataupun berbuka puasa

Air rendaman kurma ini bisa bertahan 1-2 hari di lemari es. Namun perlu diingat, sangat tidak disarankan untuk mengonsumsinya jika sudah lebih dari 3 hari. Sebab, air rendaman kurma telah mengalami proses fermentasi yang menjadikan rendaman kurma berubah menjadi arak, sehingga haram untuk dikonsumsi. Bagaimana Sobat Agri, ingin mencoba?

Video Terkait

SHARE