Menu

Senin, 18 Oktober 2021 /

Ilustrasi Selasih sebagai campuran minuman dingin. (Freepik)

sariagri.id - Jumat, 16 April 2021 | 12:40 WIB

Penulis: Tanti Malasari, Editor: Dera

SariAgri - Di bulan ramadan ini, biji selasih kerap dijumpai sebagai campuran minuman segar atau takjil saat berbuka puasa. Sebenarnya apa itu selasih? Selasih adalah biji berwarna hitam dengan ukuran kecil dan bulat yang diperoleh dari tanaman selasih (basil atau Ocimum basilicum).

Jika ingin mengonsumsi biji selasih, tidak bisa dalam keadaan mentah. Biji selasih harus direndam terlebih dahulu didalam air selama sekitar beberapa menit atau bahkan jam, sampai benar-benar mengembang dan memiliki lapisan seperti gel berwarna putih hingga abu-abu di sekitar bijinya.

Meski ukurannya sangat mungil, biji basil ternyata mengandung banyak nutrisi. Dilansir dari Organic Facts, beberapa kandungan aktif utama dalam biji selasih adalah serat makanan, vitamin K, zat besi, protein, fitokimia, senyawa polifenolik, orientin, vicentin dan antioksidan kuat lainnya.

Tak heran jika selasih ternyata dimanfaatkan dalam pengobatan tradisional untuk penyakit diare, maag, dispepsia, lambung dan penyakit lainnya. Dilansir dari Boldsky, berikut manfaat lengkap dari biji selasih yang wajib Sobat Agri ketahui.

1. Menurunkan berat badan

Mengonsumsi selasih bisa memberikan rasa kenyang lebih lama sehingga bisa membantu seseorang yang ingin menurunkan berat badan. Sebuah penelitian menunjukkan bahwa pasien obesitas yang mengonsumsi 2 gram selasih dengan 240 ml air sebelum makan siang dan makan malam mengalami penurunan indeks massa tubuh (BMI) yang signifikan.

2. Menurunkan gula darah

Serat makanan larut hadir dalam selasih yang mampu membantu mengontrol kadar gula darah. Tentu ini sangat baik untuk pasien dengan diabetes mellitus tipe 2. Konsumsi serat makanan larut juga mengurangi risiko terkena diabetes.

Baca Juga: Punya Khasiat Menakjubkan, Ini 5 Jenis Kurma Termahal di Dunia
Dijamin Lezat, Ini Tips dan Trik Bikin Selai Nanas Buat Isi Kue Nastar

3. Mengurangi kadar kolesterol

Selasih mengandung serat baik yang dapat membantu menurunkan kolesterol LDL (buruk) dan meningkatkan kolesterol HDL (baik), yang sangat bermanfaat untuk mengurangi risiko penyakit jantung.

4. Mencegah anemia

Selasih adalah sumber zat besi yang baik, mineral penting yang dibutuhkan untuk produksi darah. Zat besi adalah komponen penting dari hemoglobin, suatu zat dalam sel darah merah (RBC) yang mengangkut oksigen ke seluruh tubuh dan membantu dalam menyediakan energi bagi tubuh. Kekurangan zat besi dalam tubuh menyebabkan kelelahan dan anemia.

5. Menjaga kesehatan tulang

Magnesium yang ditemukan dalam selasih berperan penting dalam menjaga kesehatan tulang. Peningkatan asupan magnesium telah terbukti meningkatkan kepadatan mineral tulang dan membantu mencegah timbulnya osteoporosis.

6. Melancarkan pencernaan

Selasih yang telah direndam dalam air, mirip seperti agar-agar karena lapisan polisakarida hadir di dinding epidermis luar biji. Zat ini mengandung serat makanan yang terbukti ampuh membantu dalam proses pencernaan.

7. Meredakan kram perut

Selain melancarkan pencernaan, biji basil memiliki sifat antispasmodik yang bekerja dengan memperlambat gerakan alami usus dan melemaskan otot-otot halus di perut dan usus. Ini membantu meredakan kram perut.

8. Menurunkan tekanan darah

Selasih bertindak sebagai diuretik, mereka dapat membantu menurunkan tekanan darah dengan membuang kelebihan garam dan air keluar dari tubuh. Diuretik juga membantu relaksasi dan pelebaran dinding pembuluh darah yang memudahkan darah mengalir.

9. Menurunkan risiko kanker

Aktivitas anti kanker ekstrak biji basil telah dipelajari. Ekstrak basil telah terbukti memiliki efek sitotoksik pada garis sel osteosarkoma manusia (MG63). Konsumsi biji selasih dapat menyebabkan sel kanker ini mati.

10. Mencegah penyakit infeksi

Aktivitas antimikroba dari ekstrak biji basil memiliki kemampuan ampuh untuk menghentikan semua jenis patogen termasuk pseudomonas aeruginosa, sejenis bakteri yang menyebabkan infeksi pada manusia.

Video Terkait 

 

SHARE