Menu

Jumat, 14 Mei 2021 /

Kebun kurma yang berada di kawasan Agrowisata Waras Farm mulai berbuah (Sariagri/Yudi Asmaraloka)

sariagri.id - Rabu, 21 April 2021 | 14:00 WIB

Penulis: Yudi Asmaraloka, Editor: Andry

SariAgri - Kurma menjadi salah satu makanan yang digemari saat bulan puasa tiba. Biasanya buah kurma tersebut didatangkan langsung dari negara-negara di Timur Tengah.

Tapi ternyata buah berbentuk lonjong kecil ini  bisa dipanen di dalam negeri lho!

Ya, di wilayah Kecamatan Cibeber, Kota Cilegon, Banten, terdapat kebun kurma yang bisa dikunjungi wisatawan. Kebun kurma yang berada di kawasan Agrowisata Waras Farm ini terdapat 50 pohon kurma yang tumbuh subur.

Pemilik Agrowisata Waras Farm, Hendra Andriyanto mengatakan ada beragam jenis kurma yang ditanam di sana. Seperti kurma ajwa, kholas, deglet noor, barhi, thailand dan lainnya.

"Untuk saat ini yang berbuah lebat, jenis kurma barhi dan deglet noor. Tapi belum bisa dipanen karena masih hijau, tandanya belum matang," katanya.

Ia mengatakan, untuk saat ini kurma yang sedang berbuah masih dalam fase khalal dengan usia sekitar 22 minggu. Ketika dimakan rasanya pun masih agak sepat.

Bila berwarna kuning atau sudah dalam masa ruthob, maka sudah bisa dipanen. Kurma yang bisa dipanen yakni kurma yang sudah berusia sekitar 4 bulan.

Baca Juga: Sumbang 100 Ton Kurma untuk Indonesia, Ini Harapan Arab Saudi
Tren Nilai Impor Kurma Periode Januari-Maret 2021 Terus Naik

"Budidaya kurma ini sudah ada sejak tahun 2015, sudah ada ratusan bibit kurma namun baru ada sekitar 50 tanaman yang berbuah," ungkapnya

Kurma-kurma ini pada saatnya panen nanti  bisa dipetik langsung oleh pengunjung, mencicipi kurma mengkal dari pohonnya langsung. Sedangkan untuk sampai kurma matang yang biasa kita lihat harus melalui proses pematangannya. 

Sayangnya belum dijelaskan, berapa sih biaya yang dikenakan untuk pengunjung jika ikut mencoba ikut panen. 

Video Terkait

SHARE