Menu

Minggu, 26 September 2021 /

Ilustrasi lemas. (pixabay)

sariagri.id - Rabu, 28 April 2021 | 17:10 WIB

Penulis: Antoni, Editor: Dera

SariAgri - Sakit kepala atau pusing mungkin merupakan gejala yang sering dikeluhkan orang selama puasa. Penyebabnya pun bisa dikarenakan beberapa faktor.

Melansir EgyptIndependent.com, penyebab timbulnya sakit kepala selama berpuasa umumnya disebabkan beberapa hal. Salah satunya adalah akibat tekanan darah tinggi atau rendah. Sakit kepala juga bisa disebabkan gula darah yang rendah karena berpuasa atau dehidrasi.

Selain itu, minum terlalu banyak kafein sebelum puasa juga dapat menimbulkan sakit kepala, termasuk masalah anemia atau sinus.

Nah, bila Sobat Agri mengalami kondisi di atas, ada beberapa cara yang bisa dilakukan.

1. Hindari makan berlebihan saat buka puasa. Makan berlebih dapat menarik sirkulasi darah ke perut, akibatnya adalah sakit kepala yang parah.

2. Jika sakit kepala muncul sebelum berbuka puasa, disarankan untuk makan kurma saat berbuka puasa, karena selain rasa yang nyaman di perut, kurma memiliki jumlah gula yang tepat untuk memulihkan kekuatan tubuh.

3. Minum air putih sangat penting setelah buka puasa. Jadi dari saat berbuka sampai sahur, minumlah air yang cukup dan hindari minuman bersoda dan kafein.

4. Hindari begadang. Kurang jam tidur dan keharusan berangkat kerja pada pagi hari, jelas mengakibatkan pusing. Selama berpuasa, usahakan tidur cukup dan pada waktu sewajarnya, agar kondisi tubuh segar saat menjalani hari baru.

Baca Juga: Mengintip Serba-serbi Tradisi Ramadan di Arab Saudi
5 Sup Lezat Khas Timur Tengah yang Cocok untuk Menu Berbuka Puasa

5. Sahur tidak boleh dilewatkan, tetapi sekali lagi, hindari makan berlebihan.

6. Jika saat berpuasa dan kepala terasa pusing, coba rendam kaki dalam air hangat, taruh sesuatu yang dingin di belakang kepala dan istirahatkan mata sebentar. Dengan cara ini, kamu dijamin merasa jauh lebih baik.

Video Terkait

SHARE