Menu

Jumat, 14 Mei 2021 /

Para perajin amplop lebaran di Tulungagung, Jawa Timur. (Foto: Sariagri/Arief L)

sariagri.id - Senin, 3 Mei 2021 | 16:00 WIB

Editor: M Kautsar

SariAgri - Merayakan Idul Fitri identik dengan momen bagi-bagi uang dalam amplop mungil dan lucu.

Peluang ini ditangkap dengan baik oleh Tri Murti, perajin amplop karakter asal Dusun Klaten, Desa Tegalrejo, Kecamatan Rejotangan, Kabupaten Tulungagung, Jawa Timur.

Sudah hampir sebulan terakhir, Tri Murti kebanjiran pesanan amplop lebaran karakter dari bahan kain spunbond sebagai wadah uang kertas pecahan baru.

“Alhamdulillah, momen yang selalu dinantikan oleh anak-anak saat merayakan Idul Fitri membawa berkah rejeki bagi saya. Kerajinan membuat amplop lebaran karakter berbahan kain spunbond meningkat hingga 50 persen dibandingkan hari biasa,“ kata Tri Murti kepada SariAgri, Senin (3/5).

Dia menyebutkan biasanya pesanan hanya datang di sekitar Tulungagung, namun sejak awal Ramadan hingga 10 hari jelang Idulfitri order amplop lebaran berkarakter terus berdatangan dari hampir seluruh kota besar di Pulau Jawa, seperti Surabaya, Malang, Solo, Jogya, Jakarta hingga Bandung.

Para perajin amplop lebaran di Tulungagung, Jawa Timur. (Foto: Sariagri/Arief L)
Para perajin amplop lebaran di Tulungagung, Jawa Timur. (Foto: Sariagri/Arief L)

Proses pembuatan amplop lebaran berkarakter ini, cukup mudah. Pertama siapkan kain spunbond dengan berbagai macam warna lembaran lalu dipotong-potong disesuaikan dengan ukuran amplop yang diinginkan. Kemudian dibuat pola sesuai dengan bentuk karakter yang akan dibuatnya.

Setelah mendapatkan pola yang diinginkan lalu dijahit hingga menempelkan aneka motif, sesuai jenis karakter seperti kucing, ikan, gadis kecil berambut pink hingga karakter sapi maupun buah semangka, stroberi, dan nanas.

Dibantu tiga orang tenaga kerja berasal dari ibu rumah tangga sekitar rumahnya, dalam setiap minggu Tri Murti dapat menyelesaikan pesanan amplop lebaran karakter sebanyak 1.000 bungkus.

“Satu bungkusnya berisi 10 biji amplop. Seribu per minggu itu jika hari biasa, namun selama bulan puasa dan menjelang idul fitri, saya mampu produksi amplop lebaran karakter mencapai 3.000 hingga 4.000 bungkus,“ kata dia.

Ramainya permintaan amplop karakter kain spunbond yang lucu ini, dapat juga di buat mainan. Sebab, setelah di ambil uangnya dalam amplop, tidak langsung di buang begitu saja seperti amplop berbahan kertas.

Amplop lebaran karakter buatan Tri Murti dipasarkan melalui off line dan on line. Sedangkan untuk pasaran on line telah merambah hingga luar pulau Jawa seperti Kalimantan dan Sumatera. Dari banyak pilihan karakter yang dibuatnya, yang paling laku untuk musim lebaran tahun ini yaitu karakter doraemon, angry bird, spiderman, bus tayo, minions dan es krim.

Untuk memesan amplop karakter ini, Tri Murti memasang tarif cukup terjangkau dari harga Rp4.000 hingga Rp10.000 per bungkus, tergantung dari tingkat kerumitan, karakter dan model yang dibuat.

Video terkait:

SHARE