Menu

Jumat, 14 Mei 2021 /

Mie Glosor makanan populer ketika Ramadan di Kota Bogor. (Instagram @dkeikei)

sariagri.id - Selasa, 4 Mei 2021 | 15:00 WIB

Penulis: Tanti Malasari, Editor: Tatang Adhiwidharta

SariAgri -  Bagi warga Bogor, nama mie glosor tentu sudah tidak asing lagi didengar. Ya, makanan ini memang sudah lama populer di kota yang dikenal sebagai Kota Hujan.

Mie glosor identik sebagai makanan populer di Kota Hujan. Namun, sebenarnya mie ini bukanlah makanan asli dari Bogor, melainkan berasal dari Sukabumi.

Namun ternyata mie ini begitu digemari masyarakat Bogor, sehingga membuatnya menjadi terkenal dan banyak dicari sejak tahun 1991 sampai sekarang ini.

Nama Mie Glosor sendiri berasal dari kata glosor atau perosotan, yang menggambarkan betapa mudahnya mie ini ketika dinikmati dan menggelosor menuju lambung. Tidak seperti mie pada umumnya yang terbuat dari tepung terigu, mie glosor dibuat dari tepung sagu (aci).

Mie ini kemudian dicampur dengan kunyit dan bumbu rempah lainnya. Bentuk yang lurus dan tekstur yang kenyal licin ini lah yang membuat mie glosor berbeda dengan mie lain yang ada di pasaran.

Baca Juga: Sensasi Es Buah Rumput Laut, Minuman Sehat Nan Menyegarkan
Geger Telur Berlafaz Allah, Begini Kisah Mulanya

Meski di hari-hari biasa, mie glosor mudah ditemukan di pasar tradisional, namun saat bulan Ramadan tiba, mie glosor bisa merajai jajanan di sepanjang jalan.

Rasanya yang unik ditambah dengan pelengkap gorengan dan sambal kacang, menambah cita rasa mie glosor menjadi semakin nikmat. Bagaimana SobatAgri, tertarik untuk mencoba mie glosor?

Video terkait:

SHARE