Menu

Jumat, 14 Mei 2021 /

Kolak pisang (Foto: Humas Pemkot Bandung)

sariagri.id - Selasa, 4 Mei 2021 | 16:00 WIB

Penulis: Tanti Malasari, Editor: Tatang Adhiwidharta

SariAgri -  Kolak merupakan salah satu menu takjil yang populer di Indonesia dikala Ramadan. Makanan manis yang terbuat dari olahan pisang ini, sangat mudah ditemui di sejumlah pedagang dadakan di pinggir jalan.

Perpaduan antara buah pisang, serta kuah manis yang dicampur dengan santan kelapa ini membuat banyak orang menyukai hidangan kolak untuk disantap ketika berbuka puasa.

Sebenarnya, pada masa lalu kolak biasanya disajikan pada awal bulan Syaban. Namun, karena kebiasaan mengonsumsi kolak akhirnya berlanjut hingga memasuki bulan ramadan hingga menjadi salah satu hidangan populer untuk dijadikan takjil.

Namun tahukah SobatAgri, ternyata pada zaman dahulu kolak menjadi salah salah satu media penyebaran agama Islam di tanah Jawa? dahulu kala masyarakat Jawa memang belum mengenal Islam dengan baik.

Baca Juga: Ngabuburit, Komunitas Raja Tawon Bagikan Takjil Kolak Madu
Resep Kolak Pisang Klasik yang Menyegarkan Lidah

Hal inilah yang membuat banyak ulama, Wali Songo mencari cara agar masyarakat bisa tertarik dan memahami Islam dengan mudah. Mulai dari kesenian, tradisi budaya sampai sajian kuliner seperti menu kolak ini.

Penamaan kolak sendiri berasal dari kata "Khalik", yang artinya Sang Pencipta, yaitu Allah SWT. Oleh karena itu, dengan adanya kolak diharapkan masyarakat bisa mendekatkan diri kepada Sang Pencipta.

Selain itu, kuah kolak yang terbuat dari santan, dikaitkan dengan kata "santen" yang merupakan kependekan dari pangapunten, artinya dalam bahasa Jawa adalah permohonan maaf. Jadi, kolak juga dapat dikatakan sebagai pengingat supaya manusia senantiasa meminta maaf atas kesalahannya.

Saat ini, hidangan kolak sudah makin beragam. Ada kolak ubi, kolak singkong, kolak labu kuning dan kolak kolang kaling. Bahkan ada juga yang mengkreasikan menu ini dengan tambahan buah durian atau nangka, agar menambah cita rasa para penikmatnya.

Video terkait:

SHARE