Menu

Jumat, 14 Mei 2021 /

Ilustrasi puding mangga. (pixabay)

sariagri.id - Selasa, 4 Mei 2021 | 22:30 WIB

Penulis: Antoni, Editor: Dera

SariAgri - Bagi pecinta buah, puding mangga pastinya sangat cocok untuk santapan berbuka puasa. Selain menyegarkan, makanan ini juga pastinya sangat menyehatkan. 

Tak perlu waktu lama, hanya dalam 30 menit, puding bebas susu ini sudah bisa kamu sajikan untuk disantap bersama waktu berbuka. Pencuci mulut ini juga akan lebih menonjolkan cita rasa apabila diolah dengan santan rendah lemak, ketimbang krim susu.

Sementara warna puding sendiri sangat bergantung jenis dan tingkat kematangan mangga. Nggak pakai ribet, santapan segar satu ini bahkan sudah dapat dinikmati hanya dengan menyediakan dua atau tiga mangga.

Penasaran bagaimana cara membuatnya? yuk intips resepnya, seperti dilansir dari The Spruce Eats.

Bahan-bahan

  • 2 buah mangga segar yang sudah matang
  • 2 sampai 3 sendok makan gula putih
  • 1 cangkir santan (biasa atau ringan)
  • 2 1/2 sendok makan tepung maizena
  • 3 kuning telur Opsional:
  • 1/4 cangkir kemangi segar (atau daun mint segar)

[baca_juga]

Cara Membuat

  1. Setelah semua bahan terkumpul, potong mangga dan iris menjadi bentuk kubus.
  2. Sisihkan beberapa kubus atau irisan untuk disajikan nanti, kemudian letakkan sisanya dalam blender atau food processor, dalam hal ini sekitar 1 cangkir buah. Lalu tambahkan 2 hingga 3 sendok makan gula dan haluskan 10 hingga 20 detik untuk membuat pure mangga halus. Biarkan tetap di blender/prosesor.
  3. Tuang 1/4 cangkir santan ke dalam mug atau mangkuk kecil. Tambahkan tepung maizena kemudian aduk cepat dengan garpu atau pengocok hingga larut.
  4. Campuran tadi kemudian ditambah kuning telur, kemudian tambahkan mangga yang telah dihaluskan sebelumnya atau diblender. Kocok selama 10 detik.
  5. Tuang sisa santan (3/4 gelas) ke dalam panci dengan api sedang. Didihkan sebentar, aduk terus hingga terbentuk gelembung-gelembung kecil di tepi luar dan permukaan mengepul ringan.
  6. Tuang santan yang sudah dipanaskan ke dalam blender/prosesor. Segera aduk hingga merata selama 5 hingga 10 detik.
  7. Terakhir, tuangkan semua olahan dalam blender ke dalam panci dan nyalakan api sedang-besar. Aduk terus menerus dan kecilkan api menjadi sedang saat mengental selama 7 sampai 10 menit. Uji rasa manisnya, tambahkan lebih banyak gula sampai rasa manis yang diinginkan tercapai.
  8. Saat mengental sesuai keinginan, tuangkan atau sendokkan ke dalam piring saji atau gelas. Tunggu sampai dingin.
  9. Untuk penyajian, bagikan kubus mangga segar yang sudah disisihkan sebelumnya di atas bagian atas puding. Agar tampilan dan aroma rasa lebih menggugah, kamu bisa menambahkan tangkai daun mint segar.

Video Terkait

SHARE