Menu

Senin, 18 Oktober 2021 /

Ilustrasi Beragam Jenis Kurma dan Manfaatnya (Freepik)

sariagri.id - Rabu, 5 Mei 2021 | 15:30 WIB

Penulis: Aretha Luvi, Editor: Dera

SariAgri - Buah kurma merupakan buah bercita rasa manis yang tumbuh subur di wilayah Timur Tengah. Buah kaya nutrisi ini juga sangat dianjurkan sebagai makanan untuk berbuka puasa. Sebab itu di Indonesia buah kurma selalu melimpah di pasaran menjelang bulan ramadhan.

Jika selama ini kurma hanya dimanfaatkan daging buahnya yang manis sebagai bahan makanan. Ternyata biji kurma yang keras dan biasanya dibuang begitu saja dapat dimanfaatkan menjadi produk olahan lain seperti kopi tanpa kafein dan minyak biji kurma.

Mengutip Health Benefit Times, biji kurma mengandung karbohidrat, serat makanan, lemak, dan protein. Selain itu, kandungan antioksidan pada minyak biji kurma ternyata mirip dengan minyak zaitun, yaitu sebagai sumber antioksidan yang baik untuk tubuh.

Biji kurma adalah biji bersalut keras, berbentuk lonjong dan memiliki lekukan pada bagian tengahnya. Biji kurma memiliki berat 0,5 g hingga 4 g dan mewakili 6 hingga 20% dari total berat buah tergantung pada kematangan dan varietasnya.

Biji kurma merupakan sumber serat makanan yang sangat baik. Selain itu, berdasarkan komposisi asam lemak yang terkandung di dalamnya, minyak biji kurma dapat digunakan sebagai minyak goreng dan bahan tambahan pada produksi margarin karena stabilitas dan ketahanan yang tinggi terhdapa suhu panas. Sehingga memiliki dayan simpan yang cukup lama.

Manfaat kesehatan dari biji kurma

Biji kurma memiliki beberapa khasiat obat yang luar biasa seperti membantu mencegah kerusakan ginjal dan hati. Mencegah penyakit diabetes, sumber antioksidan, mencegah kerusakan DNA dan membantu melawan berbagai infeksi virus.

Mencegah kerusakan DNA

Menurut sebuah penelitian, biji kurma telah menunjukkan efek pertahanan terhadap kerusakan hati yang disebabkan bahan kimia dan kerusakan DNA oksidatif.

Mengatasi masalah diabetes

Biji kurma bermanfaat dalam mengobati penyakit diabetes dan komplikasi terkait lainnya. Menurut penelitian terbaru, biji kurma dapat memberi efek perlindungan potensial terhadap komplikasi diabetes dini pada hati dan ginjal.

Baca Juga: Berbuka Puasa dengan Kebab Iskender ala Turki, Begini Cara Buatnya
Bebas Lemak, Ini Dia Resep Puding Mangga untuk Santapan Berbuka

Mencegah kerusakan ginjal dan hati

Biji kurma kaya akan proanthocyanidins yang membantu melindungi hati dan ginjal dari kerusakan. Ekstrak biji kurma dapat melindungi terhadap toksisitas ginjal dan hati yang diinduksi secara kimiawi.

Sumber antioksidan

Biji kurma kaya akan antioksidan dan membantu melindungi tubuh dari kerusakan stres oksidatif. Potensi antioksidan dari hidrolisat protein biji kurma dapat digunakan sebagai bahan pangan fungsional yang potensial untuk peningkatan kesehatan.

Penelitian lain menemukan bahwa biji kurma Iran adalah penyerap radikal yang kuat dan dapat dianggap sebagai sumber antioksidan alami yang baik untuk keperluan pengobatan dan komersial.

Video Terkait 

SHARE