Menu

Sabtu, 31 Juli 2021 /

Ilustrasi ketupat. (Foto: Istimewa)

sariagri.id - Kamis, 13 Mei 2021 | 08:00 WIB

Penulis: Arif Ferdianto, Editor: Reza P

SariAgri - Lebaran atau idul fitri merupakan momen spesial bagi mayoritas masyarakat muslim di mana masyarakat merayakan hari kemenangan setelah menjalankan ibadah puasa selama satu bulan penuh.

Suasana idul fitri tentunya kental dengan makna silaturahmi, di mana masyarakat saling mengunjungi rumah saudara, kerabat  ataupun handai taulan. Lebaran juga syarat akan menu hidangan khas yang kerap muncul di meja-meja makan dari berbagai daerah.

Panganan khas lebaran yang sudah pasti ditemukan seperti ketupat, opor ayam, sambal kentang hingga ragam kue kering menghiasi rumah-rumah masyarakat yang merayakannya. Namun tiap daerah memiliki kuliner khas lebaran, seperti di Jakarta yang juga banyak menghidangkan menu khas lebaran, apa saja kuliner khas idul fitri dari ibu kota ini, simak ulasan berikut yang dilansir dari berbagai sumber.

Ketupat Betawi

Ketupat menjadi salah satu panganan khas masyarakat Betawi yang wajib ada di meja makan dan tidak boleh terlewat. Namun, ketupat betawi memiliki ciri khas sendiri dan berbeda dari daerah lainnya. Ketupat Betawi disajikan dengan sayur godog, semur daging dan sambal, kombinasi ini sangat nikmat dan menjadi andalan masyarakat Betawi khususnya.

Tape uli

Kuliner khas Jakarta yang satu ini menjadi salah satu menu andalan di kala lebaran. Perpaduan antara tape ketan dan uli, di mana tape ketan tersebut dibuat dari hasil peragian dan atau fermentasi.

Dodol Betawi

Dodol Betawi memiliki warna hitam kecoklatan dengan variasi rasa yang lebih sedikit daripada dodol lain pada umumnya. Proses pembuatannya yang terbilang lama membuatnya kerap tampil di jauh-jauh hari sebelum idul fitri menjelang. Dodol dibuat menggunakan ketan, gula merah, gula pasir, dan santan kelapa tua. Bahan-bahan yang bagus akan membuat dodol legit dan tahan lama.

Manisan kolang-kaling

Manisan kolang-kaling juga salah satu menu favorit masyarakat Betawi ketika momen lebaran tiba. Rasanya yang manis, segar dan kenyal yang terbuat dari aneka sirup dan tambahan minuman ringan lainnya membuatnya menjadi manisan yang wajib ada. Manisan ini sangat cocok dijadikan penutup dari makan besar dan juga bisa melancarkan saluran pencernaan.

Video Terkait:

SHARE