Menu

Rabu, 8 Desember 2021 /

Ilustrasi Lebaran. (pixabay)

sariagri.id - Rabu, 12 Mei 2021 | 12:50 WIB

Penulis: Gloria, Editor: Dera

SariAgri - Hari Raya Idul Fitri di Indonesia akan jatuh pada hari Kamis, 13 Mei 2021. Umat Muslim di Tanah Air pun seakan tak sabar menanti hari kemenangan setelah sebulan menjalankan ibadah puasa.

Lebaran memang menjadi hari yang sangat spesial, selain bisa bersilaturahmi ternyata ada beberapa hal menarik lainnya seputar perayaan Idul Fitri, di antaranya:

1. Rasa syukur 

Melansir dari Mashable. Idul Fitri dianggap waktu paling ideal untuk mengungkapkan rasa syukur atas berkah dalam hidup seseorang. Momen ini dirayakan oleh hampir 2 miliar umat muslim di dunia.

2. Dirayakan 2-3 hari

Perayaan Idul Fitri tidak hanya dirayakan dalam satu hari saja. Namun di beberapa belahan dunia, hari raya ini bisa dirayakan dua sampai tiga hari.Tak hanya itu, pemerintah juga biasanya ikut andil untuk menerapkan libur nasional selama dua sampai tiga hari. Tujuannya yaitu memberikan kesempatan untuk umat muslim merayakan lebaran bersama dengan keluarga.

Di Indonesia sendiri, libur lebaran biasanya dimanfaatkan untuk mudik ke kampung halaman. Namun karena pandemi COVID-19, tahun ini pemerintah melarang masyarakat untuk mudik..

3. Bertukar hadiah atau bersedekah

Selain identik dengan bertukar hadiah dengan sanak keluarga maupun kerabat, berbagai ampau kepada anak-anak kecil juga seakan menjadi tradisi dalam memeriahkan Lebaran Idul Fitri. Selain itu, lebaran juga bisa menjadi waktu yang tepat untuk bersedekah kepada orang yang tidak mampu, sehingga umat muslim bisa berbag kebahagiaan dengan sesama. 

Baca Juga: Viral Pemudik Nekat Menyamar Jadi Gorila agar Kelabui Petugas, Ini Faktanya
Video Detik-detik Penyekatan Jebol, Ribuan Pemudik Berhasil Lolos

4. Ziarah kubur

Mendoakan dengan ziarah ke makam anggota keluarga yang sudah meninggal saat hari raya juga biasanya menjadi tradisi. Namun pandemi membuat kebiasaan nyekar ini menjadi berbeda lantaran adanya aturan jarak sosial.

5. Hidangan khas lebaran

Idul Fitri biasanya melimpah hidangan makanan khas lebaran. Di Indonesia, biasanya akan tersaji rendang, opor ayam, ketupat dan makanan lainnya di atas meja makan. Selain itu camilan khas seperti kue nastar juga turut mewarnai kemeriahan lebaran.

6. Open house

Saling meminta maaf adalah momen yang sangat mengharukan ketika lebaran tiba. Biasanya umat muslim menggelar open house untuk bisa berseilaturahmi dengan kerabat, teman ataupun tetangga di rumah. Namun lagi-lagi, pandemi telah membuat momen ini tidak digelar demi meminimalisir penyebaran COVID-19.

Video Terkait 

SHARE