Menu

Senin, 18 Oktober 2021 /

Ilustrasi rendang. (foter)

sariagri.id - Rabu, 12 Mei 2021 | 21:00 WIB

Penulis: Monica Dian, Editor: Dera

SariAgri - Dalam menyambut hari kemenangan, umat muslim di dunia tengah bersiap dalam merayakan Hari Raya Idul Fitri. Berbagai negara pun mempunyai hidangan khasnya masing-masing. 

Salah satunya yaitu Malaysia, negara tetangga yang tradisi dan kulinernya tak jauh berbeda dengan Indonesia. Penasaran apa saja hidangan yang biasa disajikan oleh warga Malaysia dalam menyambut lebaran? berikut rinciannya. 

Rendang

Tak perlu dipertanyakan lagi bahwa di Malaysia, rendang identik dengan Hari Raya. Rendang adalah makanan tradisional Melayu yang terbuat dari santan, bumbu halus, lengkuas, serai, bawang merah, jahe dan kerisik (kelapa parut bakar). Daging seperti sapi, ayam atau kambing bisa digunakan untuk membuat rendang. Dibutuhkan waktu berjam-jam untuk memasak hidangan satu ini agar semua bumbu meresap sempurna dan daging empuk.

Ketupat

Satu lagi ciri khas Idul Fitri di Malaysia adalah ketupat. Sama seperti di Indonesia, makanan satu itu dimakan berdampingan dengan lauk-pauk lainnya seperti rendang, opor dan sambal goreng.

Baca Juga: Mengintip Tradisi Perayaan Lebaran Idul Fitri di Inggris dan Irlandia
Jadi Menu Favorit Lebaran, Ini Filosofi Ketupat yang Sarat Makna

Bubur pulut hitam

Suguhan Idul Fitri lainnya adalah bubur pulut atau ketan hitam yang dimasak dengan santan, daun pandan dan sagu bening.

Lemang

Kombinasi sederhana dari beras ketan dan santan ini juga merupakan salah satu hidangan warisan budaya khas Malaysia. Lemang pada dasarnya adalah ketan kelapa yang dibungkus dengan daun pisang wangi, kemudian dimasukkan ke dalam batang bambu berlubang dan dipanggang di atas api. Biasanya disajikan dalam irisan silinder, lemang menjadi pelengkap yang gurih untuk hidangan kari atau rendang.

Bubur lambuk

Bubur lambuk yang ringan dan pekat merupakan makanan favorit berbuka selama Ramadan. Resepnya secara tradisional membutuhkan kombinasi yang beraroma dari adas manis, kapulaga, kayu manis dan lada hitam, di antara rempah-rempah lainnya. Hasil akhirnya sangat dipengaruhi oleh rempah-rempah, sayuran, dan daging yang ditambahkan ke resep.

Video Terkait 

SHARE