Menu

Sabtu, 31 Juli 2021 /

Ilustrasi Garam (Pixabay)

sariagri.id - Kamis, 13 Mei 2021 | 18:30 WIB

Editor: Idho

SariAgri - Di momen lebaran dengan berbagai macam keseruannya, imunitas tubuh tetap harus diperhatikan loh Sobat Agri.

Salah satu cara menjaga imunitas tubuh saat Lebaran adalah membatasi konsumsi garam.

Asupan garam jangan terlalu banyak karena bisa mengurangi jumlah energi yang dapat dihasilkan sel sistem kekebalan dan mencegahnya bekerja secara normal. Demikian menurut sebuah penelitian di jurnal Circulation.

Yup, seperti kata pepatah, apapun yang berlebihan itu memang tidak baik. Konsumsi garam yang dianjurkan hanya lima gram atau satu sendok teh per hari.

Jika menurut kamu itu berat, sebenarnya masih ada cara lain untuk mengurangi asupan garam secara alami. Salah satunya dengan memantau atau bahkan menulis makanan yang dikonsumsi, jumlahnya, dan level sodium atau garamnya.

Pakar diet di North Dakota State University, Julie Garden-Robinson merekomendasikan aplikasi yang bisa membantu memantau asupan garam, seperti MyFitnessPal, Shopwell, dan Calorie Counter & Food Diary.

Jika tak tahu fakta nutrisi makanan, kamu bisa menghindari sodium berlebihan dengan mengikuti akronim SCIP (smoked, cured, instant, and processed), yakni jauhi makan diasap, diawetkan, instan, dan diproses.

Makanan yang diproses menggunakan metode SCIP biasanya lebih banyak mengandung garam. Satu cangkir salmon asap misalnya, mengandung 1066 mg sodium, sementara salmon mentah kandungan sodiumnya 117 mg.

"Kita mungkin berpikir makanan mengandung garam di meja masalahnya, namun makanan olahan merupakan bagian terbesar dari natrium yang kami konsumsi," kata Robinson seperti dilansir dari Insider.

Alternatif sehat yang dapat membantu menurunkan asupan natrium ialah menyiapkan makanan sendiri menggunakan bahan-bahan segar, tanpa garam, atau rendah natrium. Cara ini dapat memberi kendali paling besar atas berapa banyak natrium dalam makanan kamu.

Dalam memasak, daging atau kacang-kacangan bisa disiapkan menggunakan rempah-rempah seperti jintan dan cabai yang dapat memberi Anda banyak rasa tanpa harus melewati batas asupan garam harian. Tambahkan sedikit paprika dan bawang bombai yang ditumis tipis-tipis atau bahan lain untuk menambah cita rasa segar.

Coba kurangilah keju parut, karena biasanya kandungan natriumnya lebih banyak. Sementara itu, Certified Nutrition and Wellness Consultant Nutrifood, Moch. Aldis Ruslialdi menyarankan mengurangi asupan saos, kecap, atau sambal saat makan.

"Bisa mengurangi konsumsi produk olahan, menambahkan rempah-rempah (dalam masakan), bawang putih (untuk beberapa jenis masakan), jamur-jamuran, mengonsumsi makanan segar, seperti buah dan sayur atau memilih produk rendah garam," ujar dia.

Video Terkait:

SHARE