Menu

Sabtu, 31 Juli 2021 /

Serai (Foto: Wikipedia)

sariagri.id - Kamis, 13 Mei 2021 | 19:10 WIB

Editor: Idho

SariAgri - Serai, juga disebut sereh, adalah tanaman tinggi atau tangkai. Serai memiliki aroma segar, mirip lemon yang berpadu dengan jeruk hanya dengan sengatan bau lebih tajam.

Tak hanya memiliki aroma yang khas, sereh merupakan salah satu bahan alami yang mengandung segudang manfaat. Manfaat sereh berasal dari kandungan nutrisi, vitamin, dan mineral.

Seperti dilansir dari Laman Medical Daily, Menambahkan serai atau sereh ke dalam pola makan kamu bisa membantu meningkatkan sistem kekebalan tubuh.

Tanaman ini dikenal memiliki sifat antioksidan dan antimikroba yang membantu melindungi kamu dari penyakit.

Faktanya, beberapa penelitian di masa lalu bahkan menunjukkan serai dapat menghentikan kerusakan gigi dengan melawan bakteri penyebabnya.

Selain itu, serai juga dipercaya dapat memperlancar pencernaan sekaligus membantu menstimulasi laju metabolisme tubuh. Tanaman ini bisa sebagai diuretik alami, mengeluarkan racun dari tubuh kamu dalam bentuk urin.

Salah satu bahan makanan nabati ini bagian daun dan minyaknya sering digunakan untuk membuat obat. Tetapi, kamu tak perlu mengubahnya menjadi obat agar kamu dapat menuai manfaatnya.

Serai bisa ditemukan dalam masakan, salah satunya yang berasal dari Thailand, lalu digunakan dalam membuat teh herbal.

Selain itu, serai juga digunakan dalam membuat sup, olahan nonvegetarian, sebagai penyedap rasa dan seringkali disukai orang-orang.

Video Terkait:

SHARE