Menu

Selasa, 19 Oktober 2021 /

Ilsutrasi kue arai pinang (Instagram: @sigadih_minang)

sariagri.id - Jumat, 14 Mei 2021 | 20:20 WIB

Penulis: Rashif Usman, Editor: Rashif Usman

SariAgri -  Hari Raya Idul Fitri atau lebaran merupakan momen spesial bagi masyrakat muslim, dimana masyarakat merayakan hari kemenangan setelah menjalankan ibadah puasa selama satu bulan penuh.

Suasana Idul Fitri memang sangat kental dengan silaturahmi. Masyarakat saling mengunjungi rumah saudara, kerabat maupun handai taulan. Lebaran juga biasanya menyajikan menu makanan khas yang yang sering disediakan dari berbagai daerah.

Ketupat, opor ayam, sambal kentang hingga ragam kue kering sering dihidangkan oleh masyarakat yang merayakannya. Namun, setiap daerah memiliki kuliner khas lebaran, seperti di Sumatera Barat yang juga menyediakan kue khas lebaran. Nah, Sobat Agri ingin tau kue khas lebaran apa saja dari masyarakat Minangkabau?

Berikut 6 kue khas lebaran dari ranah minang. Dikutip dari berbagai sumber.

1. Kambang Loyang

Kue kambang loyang merupakan salah satu kue tradisional yang sering disajikan saat menyambut lebaran. Kue ini  disebut kambang  loyang karnea  memiliki bentuk menyerupai kelopak bunga atau kembang. Proses pembuatannya pun di goyang-goyangkan sampai adonan terlepas dari cetakan.

2. Kue Sapik

Kue sapik sekilat memang terlihat seperti kue semprong namun perbedaan terletak dari bentuknya. Bila kue semprong berbentuk tabung yang digulung, kue sapik berbentuk pipik yang dilipat seperti kipas. Kue ini berbahan dasar tepung beras, gula pasir, santan, telur dan bubuk kayu manis.

3. Arai Pinang

Arai pinang merupakan kue lebaran khas ranah Minang yang tidak boleh dilewatkan begitu saja. Kue ini memiliki rasa gurih, renyah dan aroma minyak kelapa yang cukup khas saat selesai digoreng.

Baca Juga: Mengenal Makna Tradisi Kupatan bagi Masyarakat Jawa
Mengenal Simbol Pangan Sedekah Raja di Hari Raya, Rengginang



4. Kue Manyang

Kue manyang merupakan hidangan saat lebaran yang paling favorit selain dari kue sapik. Kue ini bukan terbuat dari manyang kelapa atupun dari pinang, tetapi cetakannya yang menggunakan manyang pinah. Ukiran yang terdapat dalam manyang pinang dapat memberikan kesan indah.

5. Kue Sagun Bakar

Kue sagun atau sagon bakar adalah makanan khas lebaran yang dibuat secara tradisional. Kue ini memiliki rasa manis dan agak kasat saat disanpat. Inilah yang membuat nikmat dan bikin orang ketagihan.

Untuk pembuatannya tidak rumit, cukup tepung tapioka, parutan kelapa setengah tua yang dikusus, gula pasit halus, garam dan vanili. Kemudian semua bahan dicampur sambil diremas-remas hingga rata dan bisa dicetak, lalu campuran tersebut dibakar dalam oven.

6. Kue Basung

Kue basung merupakan makanan dari ranah minang yang terbuat dari tepung beras, santan, gula merah, garam dan air. Awalnya adonan kue ini berbentuk cair, kemudian dimasukan ke dalam wadah berbentuk corong dari daun pisang. Kemudian kue dikukus hingga matang.

SHARE