Menu

Minggu, 26 September 2021 /

Ilustrasi pembeli wedang jancok. (Foto: Sariagri/Arief L)

sariagri.id - Kamis, 29 Juli 2021 | 20:00 WIB

Penulis: Arief L, Editor: M Kautsar

SariAgri - Pandemi COVID-19 membawa berkah rejeki yang tak pernah putus bagi penjual minuman Herbal di Kabupaten Lumajang Jawa Timur. Bahkan demi menjaring pelanggan dan meningkatkan penjualan, para peramu minuman tradisional ini terus berinovasi dengan produk baru.

Salah satunya yakni Muhammad Zaenal Abidin, penjual minuman herbal di jalan alun-alun barat Lumajang. M. Zainal mengaku dari beberapa minuman herbal buatannya, yang paling laris diminati yakni wedang jancok atau jahe kencur jeruk.

Inovasi minuman ramuan tradisional ini sudah laris diburu pelanggan sejak dirinya memperkenalkannya di media sosial. Karena banyak yang penasaran, akhirnya yang pesan meningkat. Tak hanya warga biasa, anggota polisi yang tengah bertugas melaksanakan PPKM darurat hingga pejabat juga pesan minuman wedang jancok.

“Sejak awal Juli lalu, saya bikin wedang jancok dan viral setelah saya unggah ke medsos. Alhamdulillah, minuman rempah-rempah yang diyakini dapat meningkatkan imun tubuh ini laris,“ ungkap pemilik warung wedang jancok, Muhammad Zaenal Abidin kepada Sariagri, Kamis (29/7).

Zainal mengatakan proses membuat wedang jancok sangatlah mudah. Pertama disiapkan bahan muai dari jahe, kencur, jeruk, gula merah dan sereh. Tahap berikutnya, jahe dan kencur digeprek dan dituangkan ke dalam gelas. 

Kemudian ditambahkan gula merah dan sereh, lalu diseduh dengan air panas. Setelah diaduk beberapa saat, minuman herbal hangat itu siap dihidangkan.

“Minuman wedang jancok sangat baik untuk meningkatkan daya tahan tubuh ditengah tingginya penularan COVID-19 jenis varian delta. Terutama bagi tim Gugus Tugas COVID-19 dan warga yang tengah menjalani isoman,” kata Kapolsek Lumajang Kota, Iptu Samsul Hadi.

Baca Juga: Kedai Bubur Ini Gratiskan Sarapan dan Makan Malam untuk Warga yang Isolasi
Jurus Pulihkan Ekonomi Daerah, Ade Yasin Ajak Warga Cintai Kuliner Bogor

Terobosan membuat minuman sehat secara alami dengan memanfaatkan tanaman obat dari lingkungan sekitar rumah mendapat apresiasi dan dukungan penuh dari Kepala Dinas Kesehatan Lumajang, Bayu Ignasius Wibowo. 

Bayu menegaskan tanaman herbal sangat aman diminum dan mampu memberikan efek positif dalam meningkatkan imun tubuh asalkan tidak diberi tambahan kimia lainnya. Tak hanya memberi energi positif dan kesehatan, namun minuman herbal ini juga bisa menjadi obat seperti penghilang nyeri, penurun panas dan penyembuh sakit tenggrokan maupun batuk.

“Tradisi minum jamu harus tetap kita lestarikan. Termasuk membuat ramuan dari rempah-rempah tradisional yang bisa meningkatkan daya tahan tubuh seperti jahe, kencur ataupun sambiloto silahkan dikonsumsi. Apalagi ditambah madu dan kuning telur bisa makin berkhasiat sebagai obat,“ kata Kepala Dinas Kesehatan Lumajang, Bayu Ignasius Wibowo.

Video Terkait:

SHARE